MAPALA
19/02/2020
penulis (1 article)
0 comments
Share

MAPALA

Sebagai mana definisi dari organisasi yaitu sekelompok orang yang memiliki tujuan tertentu, begitu pula mapala sebagai organisasi secara tertulis tujuan mapala dapat ditemukan di AD/ART masing-masing organisasi, lebih dari itu tujuan yang sebenarnya saya rasa ada ditiap-tiap individu yang menyebut dirinya sebagai mapala lewat pemaknaannya masing-masing.

seperti halnya saya, “jujur, disiplin, pantang mengeluh” setidaknya itu yang digemakan ke kepala tiap-tiap anggota di mapala Garba Wira Bhuana. pemaknaan yang saya telaah dari hal tersebut memiliki makna yang sangat dalam. bagaimana organisasi menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai pembentuk moral dan karakter anggotanya lewat “jujur, disiplin dan pantang mengeluh”. itu tadi saya memaknainya dengan sangat dalam dan hati-hati, mungkin tidak bias saya jabarkan pada tulisan ini, kalau mau tahu mari duduk bareng disepertiga malam dan saya akan jelaskan.

sisi afeksi lebih dikedepankan didalam mapala, kognitif dan psikomotorik dijadikan sebagai alat untuk mencapai sisi efektif yang maksimal, hal yang saya utarakan disini adalah materi-materi kepencintaalaman dan segala kegiatan yang kami selenggarakan pastila memiliki sisi afeksi yang menjadi tujuan utama, bagaimana tidak, kegiatan kami terbilang berbahaya dan dekat dengan kematian. setidaknya tumbuh sisi afeksi kepda Tuhan dan unsur ilahilah yang diimani pribadi masing-masing. kalua belum cukup jelas, mangga boleh mampir ke sepertiga malam saya dengan senang hati kita tukar pikiran nanti. sambal ngerokok juga tidak apa-apa.

ruh itu yang saya rasa tumbuh subur didalam jiwa para pecinta alam. itu yang kami berusaha tanamkan kuat mengakar ke tulang di jiwa pecinta alam. bukan tanpa alasan kami tanamkan, tapi juga sebagai mana harapan orang yang menanam akan menuai. tumbuhlah mapala muda, punyai akar yang kuat, batang yang kokoh, besar, rimbun dan meneduhkan bagi siapapun, kemudian berbuahlah “Mapala” yang juga punya arti “Berbuah”. maka berbuahlah, memberi manfaat, mengenyangkan perut lapar, memanaskan dahaga kerongkongan kering atau obat bagi yang sakit,apapun itu yang penting bermanfaat. begitulah pemaknaan saya pribadi tentang “Mapala” yang akhirnya saya sadari ternyata tujuan “mapala” sudah tertulis jelas pada nama “MAPALA”.

penulis

penulis

Related articles

Sorry, no posts were found.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment