Home » Featured

Berawal dari Lomba Lari 11K Solo Open – Sunday Market – Pagelaran Reog Ponorogo (Dies Natalis UNS ke-37)

Submitted by on 17/08/2008 – 01:39

(Minggu, 10/3) Pagi tidak cukup buta pada hari ini, ketika seorang anggota Garba Wira Bhuana Mapala UNS sudah mengantri untuk mendaftar lomba lari 11K Solo Open yang diadakan oleh Menwa UNS dalam memperingati Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS). Anggota tersebut adalah Puthut Bayu Adjie (GWB 21226 BAT) yang pada malam sebelumnya mengajukan diri untuk mendaftarkan anggota Garba yang lain untuk mengikuti lomba lari 11K Solo Open. Suasana antri dan padat mewarnai markas komando Resimen Mahasiswa tersebut. Belum seluruh anggota yang ingin ikut didaftarkan, Puthut sudah kembali ke Sekretariat Garba. “Baru dua yang sudah aku daftarkan, Shila dan Bapaknya” tutur Puthut. Shila Majid Ariyani (GWB 24257 HK-AM) dan Bapaknya tidak pernah melewatkan lomba lari 11K terhitung sudah 2 kali ini sejak masuk UNS, Shila mengikuti lomba ini. “Tahun kemarin sudah telat, kali ini harus bisa datang lebih awal” kata Shila.

Demi menyelesaikan proses administrasi pendaftaran, dua anggota lain diutus oleh Ketua Umum Garba, Puthut. Agus Purwanto (GWB 22231 AWKB) dan Fendi Arianto (GWB 25264 CPS-AM) berangkat ke Mako Menwa untuk mendaftarkan anggota yang lain. Beberapa menit kemudian mereka kembali ke Sekretariat Garba dengan tangan hampa. “Kita gagal ikut lomba lari 11K” kata Fendi. Semula kami menganggap dia hanya guyon tetapi ternyata memang benar pendaftaran sudah ditutup. Menurut Agus, dia dan Fendi sudah ke Mako Menwa, kemudian oleh anggota Menwa yang disana diarahkan ke tempat start ternyata pendaftaran memang sudah ditutup. Untuk mengalihkan kekecewaan karena terlambat mendaftar lomba lari, kami mengambil inisiatif mendatangi acara rutin yang diadakan kampus UNS setiap hari Minggu yaitu Sunday Market.

“Sarapan burjo (bubur kacang ijo) apa bubur ayam?” Arbaniati (GWB 25261 CPS-AM) yang kerap dipanggil Nia melempar pertanyaan kepada kami yang sedang bingung melihat kerumunan massa di Sunday Market. Atas usul Nia, akhirnya kelompok terpecah menjadi dua yang masing-masing menuju penjual burjo dan penjual bubur ayam. Kelompok bubur ayam dikomandani oleh Atri Wahyu M (GWB 25262 CPS-AM) yang tiba-tiba langsung duduk ditikar yang sudah disediakan oleh penjual bubur ayam dengan masih menggunakan sepatu larinya. Sedangkan kelompok burjo dikomandani oleh pencetus ide sarapan, Nia.

Beberapa menit berlalu, kami sudah berkumpul lagi untuk menanti pertunjukan musik dangdut yang merupakan rangkaian acara dari lomba lari 11K. Afrizal Mulfi R (GWB 24252 MS-AM) datang menyusul kami dengan menenteng kamera DSLRnya. Kamera tersebut dipinjamkan kepada kami untuk mengabadikan momen-momen lomba lari 11K. Hanya saja sudah terlewatkan momen lomba lari itu karena Afrizal terlambat bangun dan kamipun juga gagal mendaftar lomba tersebut.

Lantunan lagu dangdut didendangkan dan pengumuman juara lomba lari diumumkan, serta sinar matahari yang sudah mulai terik yang memaksa kami untuk beralih menuju pagelaran reog ponorogo. Sebenarnya Zamrotul Muflihah F (GWB 25273 CPS-AM) atau Fitri masih merasa berat meninggalkan pertunjukan musik dangdut karena anggota yang mempunyai nomor induk anggota paling besar itu merupakan penggemar berat musik dangdut. Hampir tiap hari-harinya selalu dilewati dengan lantunan musik dangdut, entah di kos maupun di sekretariat Garba.

Belasan dadak merak dan komponen yang lain dari pagelaran Reog Ponorogo mulai membentuk formasi di lapangan depan gedung Rektorat UNS. Pertunjukan dimulai, komponen pagelaran mulai melakukan atraksi memainkan perannya masing-masing. Kami benar-benar kagum dengan budaya Indonesia yang berasal dari kota di Provinsi Jawa Timur itu. Sungguh mempesona menurut kami. Namun, kami tidak dapat berlama-lama menyaksikan pertunjukan tersebut karena badan kami sudah terasa letih dan menginginkan istirahat. Ditambah sinar matahari yang makin lama makin getol saja menyengat kulit kami yang akhirnya memaksa kami kembali ke sekretariat Garba.

Tags: ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar