Sejarah Garba Wira Bhuana
23/06/2008
adinugrohot (22 articles)
1 comment
Share

Sejarah Garba Wira Bhuana

Sejarah berdirinya Garba Wira Bhuana berawal dari sekumpulan mahasiswa UNS yang mempunyai minat di bidang kepecintaalaman. Kemudian muncul gagasan untuk membentuk sebuah organisasi yang bergerak di bidang kepecinta alaman. Sekitar bulan Oktober 1976 keluar selebaran dari Bidang Kemahasiswaan tentang pendirian organisasi dibidang kepecintaalaman yang setelah sekian lama ditunggu yang kemudian dilontarkan kepada DEMA (Dewan Mahasiswa). Hingga awal 1977 pendirian organisasi tersebut belum juga terealisasi sehingga beberapa mahasiswa menemui PR III (Bp. Supiarto) pada waktu itu. Kemudian pada bulan Februari 1977 disusun sebuah proposal kegiatan pendakian Gunung Merbabu dalam rangka HUT UNS SEMAR (nama UNS pada waktu itu) sekaligus untuk pendirian Garba Wira Bhuana di puncak Gunung Merbabu. Namun karena padatnya kegiatan, pendakian tersebut tertunda hingga pertengahan bulan Juni 1977.
Berbagai persiapan dan latihan dilakukan untuk pendakian tersebut. Akirnya pada tanggal 16-19 Juni 1977 terlaksana dan pada tanggal 18 Juni 1977 Garba Wira Bhuana secara resmi diikrarkan dipuncak Gunung Merbabu. Nama garba Wira Bhuana sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tempat para ksatria bumi.
Bambang Poerbo, Joko, Setyo Kartono, Sulaimah, Mardonius, Endang, dan Deddy Poerbo adalah para mahasiswa yang mengikrarkan nama Garba Wira Bhuana sebagai sebuah organisasi kepecintaalaman di tingkat UNS SEMAR di puncak Gunung Merbabu.

Tags Diskusi
adinugrohot

adinugrohot

Comments

  1. adi
    adi June 19, 10:08
    SELAMAT ULANG TAHUN!

Write comment