Home » Featured, Urban Legends

Hari Hutan Sedunia, Masihkah?

Submitted by on 23/06/2008 – 09:49

Baluran

Pengamatan Flora Fauna@TN Baluran (GWB 1-8/2/12)

Kawasan hutan Indonesia mencapai 162 juta hektar . Lahan hutan terluas itu ada di Papua (32,36 juta hektar luasnya). Kemudian hutan Kalimantan (28,23 juta hektar), Sumatera (14,65 juta hektar), Sulawesi (8,87 juta hektar), Maluku dan Maluku Utara (4,02 juta hektar), Jawa (3,09 juta hektar), Bali dan Nusa Tenggara (2,7 juta hektar). Tetapi Luasnya lahan yang ada di Indonesia juga diimbangi dengan tingginya tingkat kebutuhan akan kayu. Sehingga tidak sedikit pohon yang umurnya melebihi manusia tumbang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sayangnya, saat ini penghijauan yang seharusnya dilakukan masih jauh dari kata cukup. Sehingga berakibat terus berkurannya luas lahan hutan di Indonesia.
Hingga saat ini, tanggal 20 Maret dipilih oleh masyarakat dunia untuk menjadi momentum peringatan Hari Hutan Sedunia yang saat itu mengampanyekan 3 hal utama untuk menjaga keberadaan hutan di dunia, yaitu melindungi hutan, memanfaatkan hasil hutan, dan menjadikan hutan sebagai tempat rekreasi alam untuk kesejahteraan manusia.
Selamatkan hutan kita yuk…! (X-Z, 21/3)

Tags: ,

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar